hamil

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di usia 2 bulan kehamilan

 

Di bulan kedua kehamilan, asam folat masih membutuhkan nutrisi yang perlu ditambahkan secara teratur setiap hari.

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di usia 2 bulan kehamilan

Pertama-tama, selamat karena Anda telah resmi memiliki bayi. Bulan kedua kehamilan akan dimulai dari minggu kelima kehamilan.Banyak ibu telah melewati bulan pertama kehamilan tanpa mengetahui sampai mereka berhenti menstruasi dan mencoba menggunakan tes kehamilan. Pada bulan kedua kehamilan, nutrisi masih merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diingat oleh Anda, agar janin berkembang normal dan sehat.

Bulan ini, kebanyakan ibu masih mengalami morning sickness dan mungkin mengalami kesulitan makan. Namun, ia masih harus gigih makan makanan sehat karena otaknya, saraf tulang belakang dan sarafnya sedang tumbuh. Selain itu, pada bulan kedua, sumsum tulang belakang dan saraf bayi juga terus terbentuk dan berkembang sehingga membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di usia 2 bulan kehamilan

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang perlu Anda terus tambahkan di bulan kedua kehamilan dan beberapa tips tentang cara makan.

Asam folat

Asam Folat atau folat adalah vitamin B – vitamin penting yang perlu ditambah selama bulan-bulan awal kehamilan, sehingga tabung saraf janin mengembangkan yang terbaik. Tanpa pasokan yang cukup, janin berisiko tinggi mengembangkan cacat tabung saraf atau kelahiran prematur.

Makanan kaya asam folat termasuk bayam, sereal, kacang. Ibu perlu menambahkan sekitar 400 mcg vitamin ini setiap hari di bulan kedua kehamilan.

Zat Besi

Selama periode ini, pasokan darah ibu perlu ditingkatkan untuk mendukung perkembangan bayi, jika dia tidak mendapatkan cukup zat besi, ibu akan menderita kelelahan dan anemia berat.

Usia lanjut harus menambahkan 27 mg zat besi setiap hari sejak awal kehamilan. Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi dalam diet Anda setiap hari, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk suplemen.

Kalsium

Pada bulan kedua kehamilan, tulang bayi mulai berkembang, sehingga ibu juga membutuhkan kalsium. Menurut para ahli, ibu perlu mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium setiap hari melalui makanan seperti susu dan sayuran berdaun hijau gelap. Jika Anda tidak cukup makan, bayi Anda akan mendapat kalsium dari tulang dan gigi bayi Anda, yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Protein

Sementara kebanyakan wanita berpikir bahwa protein hanya diperlukan di kuartal kedua dan ketiga, faktanya adalah bahwa pada bulan-bulan awal kehamilan, ibu juga membutuhkan suplemen protein untuk memastikan suplai darah bayi juga. kondisi yang menguntungkan untuk perkembangan otot janin.

Ibu hamil bisa mendapatkan protein melalui keju atau ikan rendah lemak. Tapi pilih ikan yang rendah merkuri. Asupan protein harian adalah 75-100 gm.

Apa makanan yang harus dihindari ibu hamil di usia kehamilan 2 bulan?

Banyak ibu memilih untuk fokus pada makan dengan benar untuk mendukung pertumbuhan janin dan harus menghindari makanan berikut ini di usia 2 bulan kehamilan.

Keju lembut

Keju lunak dapat mengandung E. coli, yang menyebabkan infeksi dan komplikasi selama kehamilan.

Organ dalam hewan

Selama kehamilan, ibu perlu mengambil zat besi, sehingga dimungkinkan untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari hati hewan. Namun, hati mengandung retinol yang dapat menyebabkan keguguran.

Susu yang tidak dipasteurisasi

Setiap susu yang tidak dipasteurisasi atau produk susu dapat mengandung salmonella yang membahayakan pertumbuhan bayi.

lkohol

Minum alkohol selama kehamilan sangat berbahaya, dapat menyebabkan cacat lahir pada janin. Karena itu, ibu harus menghindari minuman ini.

Telur mentah

Telur mentah tidak boleh dimakan selama kehamilan karena mereka mungkin mengandung salmonella, yang dapat berbahaya bagi ibu dan bayi.