hamil

Makanan yang harus dimakan dengan hati-hati saat hamil

 

Nanas,kelengkeng, jamur adalah salah satu makanan ibu hamil yang harus dimakan dengan sangat hati-hati. Ketika Anda hamil, Anda sangat tertarik untuk menyediakan makanan lengkap dengan vitamin dan nutrisi yang Anda butuhkan. Namun, tidak semua makanan aman untuk ibu hamil, jadi Anda harus berhati-hati dalam mengolah makanan dan makan agar tidak membahayakan diri sendiri dan janin.

Makanan yang harus dimakan dengan hati-hati saat hamil

Berikut beberapa makanan yang Anda harus berhati-hati saat memakannya, untuk menghindari ketidaktahuan dan merugikan diri Anda dan bayi Anda.

Nanas

Nanas adalah salah satu makanan sehat, mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, C, mangan, potasium, magnesium dan dapat melindungi jaringan dari stres oksidatif. Namun, dalam nanas juga mengandung enzim bromelain (bromelin adalah enzim proteolitik, yang terdapat bagian tengah berwarna pada buah nanas) dapat melembutkan kematian tulang dan panggul, menyebabkan kejang dan keguguran. Tak hanya itu, nanas bisa membuat ibu hamil rentan terhadap diare dan alergi.

Untuk makan nanas, hamil harus membersihkan nanas, potong-potong, lalu direndam sebentar dalam air garam selama 30 menit sebelum makan. Juga, jika wanita hamil alergi terhadap nanas sebaiknya nanas dimasak seperti menggoreng nanas.

  1. Kerang

Kerang dianggap tinggi fosfor, nutrisi penting untuk tulang dan untuk membentuk gigi janin. Selain itu, kerang kaya lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan dan perkembangan otak bayi. Vitamin A dalam kerang memainkan peran penting dalam mengembangkan penglihatan janin.

Di sisi lain, kerang merupakan sumber kalsium dan zat besi yang kaya, membantu ibu hamil mengambil risiko anemia dan mencegah bayi dari rakhitis. Makan kerang yang benar dapat membantu menjaga ibu hamil tetap bugar, memiliki kulit yang indah dan mengurangi stres, serta membantu mengurangi batuk dan lendir.

Namun, kerang yang hidup di daerah pantai mungkin terinfeksi bakteri vibrio vulnificus (bakteri tungau garam berumur panjang) yang menyebabkan alergi pada wanita hamil. Oleh karena itu, untuk memastikan keselamatan ibu hamil sebaiknya tidak memakan kerang ketika tidak dimasak atau tidak dibersihkan dengan benar.

  1. Kelengkeng

Kelengkeng adalah buah yang populer di musim panas, memiliki aroma dan rasa yang menyenangkan. Namun menurut dokter, wanita hamil sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kelengkeng. Karena kelengkeng bersifat panas, jadi ketika hamil di 3 bulan pertama, ibu harus membatasi makan kelengkeng. Jika Anda makan terlalu banyak kelengkeng saat ini, itu akan menyebabkan muka memerah, sakit perut, pendarahan, konsekuensi serius bagi janin dan bahkan menyebabkan keguguran.

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak label pada saat ini, itu akan menyebabkan sensasi terbakar di gusi Anda, menyebabkan sakit perut, pendarahan dan kerusakan serius pada janin.

  1. Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang memiliki banyak jenis dan rasa, makanan menyediakan banyak nutrisi penting untuk janin. Jamur mengandung sejumlah besar vitamin B dan seng penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Riboflavin (vitamin B2) dalam jamur bertanggung jawab untuk menghasilkan energi untuk aktivitas sel darah merah untuk wanita hamil.

Selain itu, selenium dan antioksidan seperti ergothioneine dalam jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan ibu dan mencegah penyebaran penyakit selama kehamilan. Selain itu, niacin pada jamur baik untuk sistem pencernaan ibu hamil.

Meskipun jamur memiliki banyak kegunaan seperti itu, tetapi seperti yang direkomendasikan oleh dokter, ibu hamil hanya harus makan beberapa jamur seperti jamur jarum, jamur ayam

Tapi jamur memiliki banyak kegunaan seperti itu, tapi seperti yang direkomendasikan oleh dokter, wanita hamil harus makan beberapa jamur seperti jamur jarum, chanterelle dan harus tinggal jauh dari jamur aneh, jamur liar atau beli dari tempat yang tidak dapat diandalkan. Karena beberapa jamur terlihat seperti normal, mereka sebenarnya sangat berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal, halusinasi, gangguan emosional bagi wanita hamil, bahkan kematian.

  1. Telur ayam

Telur ayam mengurangi kolesterol darah, memperbaiki otak. Selain itu, telur ayam juga mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan lain, sehingga tidak bisa dipungkiri perannya pada ibu hamil dan janin. Namun, ibu hamil sebaiknya hanya makan telur yang telah dimasak untuk mencegah bakteri, hindari makan telur mentah, telur mentah akan membahayakan ibu.

  1. Kentang

Kentang adalah salah satu makanan beracun. Makan keripik kentang bisa bersifat kanker dan tidak baik untuk janin. Jika wanita hamil mengonsumsi kentang setiap hari, tubuh mereka akan menyerap sejumlah besar alkaloid (senyawa organik yang mengandung Nitrogen, yang merupakan alkalin yang berasal dari tanaman, dengan aktivitas biologis yang kuat. dan bekerja dengan beberapa reagen yang disebut alcaloid reagen) yang dapat menyebabkan anomali janin. Beberapa ahli memperingatkan bahwa wanita hamil sangat sensitif terhadap alkaloid, jadi jika Anda mengkonsumsi sekitar 44-250 gram kentang sehari, kemungkinan akan mempengaruhi janin.

Wanita hamil sangat sensitif terhadap alkaloid, jadi jika Anda mengonsumsi sekitar 44-250g kentang dalam sehari, kartu tersebut dapat memengaruhi janin.

Wanita hamil makan banyak kentang memiliki alkalinitas bio yang tinggi dalam tubuh. Basa akan tinggal di dalam tubuh dan menyebabkan cacat pada janin. Karena itu, Anda harus membatasi asupan kentang, terutama kentang goreng atau kentang yang tumbuh.

  1. Mentimun

Ketimun bersertifikat sebagai baik untuk kesehatan ibu hamil. Air alami dalam mentimun akan membantu perawatan tubuhnya tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, mentimun mengandung potasium, zat penting untuk elektrolit dan membantu ibu hamil menjaga tekanan darah yang stabil. Selain itu, vitamin K dalam mentimun membantu tulang wanita hamil menjadi kuat. Secara khusus, kulit mentimun adalah sumber serat yang sangat baik yang membantu wanita hamil mengatasi sembelit atau wasir.

Seperti yang direkomendasikan oleh dokter, wanita hamil sebaiknya tidak makan mentimun yang tidak dikupas karena pasar mentimun sering disemprot. Selain itu, wanita hamil harus tahu bahwa makan mentimun mungkin perut kembung, gangguan pencernaan dan bersendawa. Dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan alergi dan beberapa gejala seperti gatal-gatal, pembengkakan mulut.

  1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan tinggi lemak omega-3. Seperti ikan lainnya, ikan memberikan nutrisi penting untuk wanita hamil dan mendukung perkembangan bayi yang baru lahir. Pada tahap awal kehamilan, makan ikan baik untuk kesehatan ibu hamil karena mengurangi risiko kelahiran prematur dan mencegah wanita yang menderita depresi pascamelahirkan. Di sisi lain, wanita hamil yang makan banyak ikan dapat meningkatkan kecerdasan mereka.

Namun, wanita hamil harus menghindari makan makanan laut mentah atau setengah matang karena mengandung banyak bakteri dan parasit termasuk salmonella, toksoplasmosis, parasit … yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, ibu hamil harus menghindari makan ikan dengan tingkat merkuri tinggi seperti hiu, ikan pedang, mackerel, ikan, ikan tutul, ikan todak dan kerapu.

  1. Tahu

Beberapa wanita hamil takut bahwa makan banyak tahu akan mempengaruhi perkembangan janin, tetapi kenyataannya adalah tahu itu baik untuk kesehatan wanita hamil selama Anda makan dalam jumlah yang tepat.

Kalsium dalam tahu sangat bagus untuk ibu hamil, terutama untuk janin, karena tulangnya sehat dan gigi. Setrika tahu dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Selain itu, tahu juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan lipid selama kehamilan.

Meskipun tahu memiliki banyak efek, ibu hamil tidak boleh makan terlalu banyak tahu atau terlalu banyak minum susu kedelai karena inhibitor tripsin dalam tahu dan kedelai dapat mempengaruhi pencernaan protein. dan menyebabkan gangguan pankreas, kejang, gangguan pencernaan seperti mual, diare, sembelit.

Anda juga harus membeli tahu dan kedelai di mana kredit ut untuk menghindari membeli semacam tingkat tinggi dari aluminium dan plester. Ibu hamil boleh makan tahu, sekitar 3-4 kali makan seminggu dan minum segelas kecil susu kedelai (sekitar 200ml).

  1. Kiwi

Kiwi memiliki banyak serat, sehingga Anda makan, wanita hamil tidak hanya mencegah sembelit tetapi juga memancarkan zat beracun dari usus besar dan mengurangi risiko sakit perut dan masalah usus. Vitamin C dalam kiwi membantu menyerap zat besi dan mengurangi anemia untuk ibu dan bayi. Selain itu, magnesium dalam kiwi membantu memperbaiki tulang, otak, dan sistem kekebalan tubuh janin. Karena itu, ibu hamil harus makan kiwi setiap hari untuk memberikan vitamin E yang cukup baik untuk jantung.

Namun, banyak orang tidak tahu bahwa kiwi dapat menyebabkan alergi pada wanita hamil. Dapat menyebabkan mual, muntah dan efek alergi lainnya, jadi wanita hamil harus berhati-hati sebelum makan.

Banyak orang tidak tahu bahwa kiwi dapat menyebabkan alergi pada wanita hamil. Dapat menyebabkan mual, muntah dan efek alergi lainnya

  1. Keju

Meskipun keju mengandung nutrisi yang tinggi, wanita hamil harus menghindari keju lunak karena mengandung bakteri berbahaya seperti Listeria. Namun, jika Anda menyukai keju dan tidak dapat menoleransinya ketika tidak memakannya, Anda dapat menggunakan keju keras sebagai gantinya. Ingat untuk memanaskan keju sebelum makan untuk membunuh bakteri.

Meskipun keju mengandung nutrisi yang tinggi, wanita hamil harus menghindari keju lunak karena mengandung bakteri berbahaya seperti Listeria.

  1. Kopi dan minuman mengandung kafein

Minuman kopi dan kafein adalah minuman yang banyak digunakan wanita setiap hari, tetapi selama kehamilan, Anda harus membatasi mereka karena mereka dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah atau keguguran.

Namun, ada kabar baik bagi wanita hamil bahwa Anda dapat minum hingga 3 cangkir kopi, 4 cangkir teh atau 4 kaleng kokas sehari. Tentu saja, jumlah kopi yang dikonsumsi adalah 300mg / hari. Wanita hamil harus mengkonsumsi lebih sedikit kafein, tidak minum alkohol ketika mereka lapar dan memilih teh alami.