hamil

Makanan yang harus dimakan dan dihindari selama hamil

 

Hamil harus makan lebih banyak sayuran, buah-buahan yang kurang manis, hindari makanan berlemak, manis, minuman beralkohol, stimulan.

Menurut seorang dokter kandungan, kepada ibu yang sehat, cukup berat, tinggi standar, atau makanan cepat saji, ibu perlu makan dengan baik, tidur nyenyak, menjaga BMI antara 18, 5 hingga 23. Wanita hamil harus memiliki diet seimbang dan seimbang 4 kelompok protein makanan, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral.

Makanan yang harus dimakan selama kehamilan

Selain itu, ahli nutrisi merekomendasikan wanita hamil harus memperhatikan untuk memperkuat beberapa nutrisi penting seperti:

  • Zat Besi dan asam folat. Suplementasi zat besi dan asam folat ketika mempersiapkan kehamilan untuk mengurangi risiko defek tuba neural dapat terjadi pada awal kehamilan. Meningkatkan makanan asam folat seperti sayuran hijau (bayam, brokoli), kacang dan biji-bijian, hati, ayam dan beberapa buah seperti jeruk, jeruk bali.
  • Omega-3 adalah bahan yang sangat diperlukan dalam perkembangan otak anak-anak, jadi penting bagi ibu untuk memiliki suplemen omega-3 yang cukup dalam makanan. Minyak sayur dan ikan seperti mackerel, salmon, tuna, sarden … adalah makanan kaya omega-3.
  • Meningkatkan makanan kaya kalsium dan zat gizi mikro lainnya seperti magnesium, seng. Sang ibu perlu menambahkan cukup kalsium untuk memastikan tulang yang kuat, membantu janin mencapai ketinggian maksimum dan dasar untuk anak-anak tumbuh lebih tinggi, tulang lebih baik, gigi, dan membantu ibu mencegah penurunan kalsium. darah dan osteoporosis nanti. Makanan kaya kalsium seperti susu, udang, kepiting, telur ┬áharus dimasukkan dalam menu sehari-hari.
  • Pastikan Anda memilih makanan yang tinggi vitamin E, seperti kacang, biji wijen, kuning telur, tepung terigu, dll. Vitamin E terbukti meningkatkan kesuburan pada wanita.

Sedangkan untuk wanita hamil, makan lebih banyak dan masih kurus, harus memperkuat lemak dan karbohidrat dalam diet, makan lebih banyak makan malam sebelum tidur. Jika Anda merasa tidak sehat, Anda mungkin mengalami kondisi atau kekurangan nutrisi, konsultasikan dengan dokter Anda untuk perawatan.

Untuk wanita yang kelebihan berat badan, penting untuk mengurangi berat badan Anda menjadi BMI normal 18,5 hingga 23. Selain itu, penting untuk meningkatkan latihan harian Anda hingga 30-60 menit per hari. Anda harus makan sekitar 1/4 dari jumlah makanan yang Anda makan saat makan utama. Memperkuat sayuran, buah kurang manis. Hindari makanan berlemak, manis. Makan tiga kali sehari, jangan cepat atau melewatkan makan. Jangan makan terlambat setelah jam 8 malam. Tidur nyenyak, tidur di malam hari sebelum 11 malam.

Semua wanita hamil disarankan untuk menghentikan kebiasaan berbahaya seperti merokok atau paparan asap tembakau. Batasi minuman beralkohol dan obat adiktif, kopi, stimulan. Singkirkan kebiasaan malas beraktivitas.

Untuk memastikan perkembangan bayi yang stabil, ibu harus menjalani pemeriksaan fisik rutin setiap 6 bulan untuk mendeteksi kelainan tubuh untuk penyesuaian yang tepat waktu. Wanita hamil juga perlu mendengarkan dengan saksama saran dari para profesional kesehatan untuk membantu Anda mempersiapkan masa depan Anda.