hamil

Makanan yang harus dimakan dan dihindari di bulan ke 6 kehamilan

 

Protein sangat penting dalam diet harian ibu hamil, tetapi ibu harus menghindari kelebihan berat badan atau ikan berlemak untuk menghindari bertambahnya berat badan terlalu cepat.

Pada bulan keenam kehamilan, ibu berada di akhir siklus kehamilan kedua dan sebagian besar wanita telah meredakan gejala mual di pagi hari. Bulan ini, ibu perlu memberi perhatian khusus pada makan dan nutrisi untuk mengembangkan bayi. Karena kelelahan dan mual di pagi hari, sebagian besar ibu akan makan lebih nikmat, namun, wanita harus berhati-hati untuk makan dan memiliki kontrol dan memilih makanan yang paling sehat.

Apa yang harus dimakan usia kehamilan 6 bulan?

Berikut beberapa pilihan makanan yang harus ditambahkan selama enam bulan kehamilan:

Protein

Nutrisi penting ini sangat penting dalam diet harian ibu. Namun, Anda perlu menghindari kelebihan berat badan atau ikan berlemak untuk menghindari bertambahnya berat badan. Makanan yang harus ditambahkan ke tubuh meliputi: daging tanpa lemak, ikan putih, telur, kacang.

Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang sangat diperlukan dalam diet harian khusus ibu pada tahap ini ketika labu tumbuh cepat. Sayuran yang harus Anda makan adalah lobak, kubis, asparagus, bayam, wortel, labu, terong, kacang hijau, tomat.

Buah segar

Buah adalah sumber makanan yang baik untuk membantu menyediakan vitamin yang baik bagi wanita hamil. Jadi, pada menu sehari-hari, jangan lewatkan pisang, anggur, kiwi, apel, pir, atau grapefruit.

Susu dan produk susu

Pada bulan ke-6 kehamilan, permintaan kalsium untuk janin untuk mengembangkan tulang dan gigi sangat tinggi sehingga ibu perlu untuk melengkapi susu dan makanan olahan susu seperti yogurt setiap hari.

Air

Selain air yang disaring, ibu hamil perlu menambahkan jus buah, air matang, sup untuk memastikan tubuh tidak kekurangan. Para ahli menyarankan para ibu untuk minum 6-8 gelas air setiap hari untuk memastikan bahwa air dalam tubuh membantu aliran darah ke janin yang terbaik.

Apa makanan yang harus ibu hamil hindari selama 6 bulan kehamilan?

Makanan laut tinggi merkuri

Ikan mentah dan ikan yang mengandung tingkat merkuri tinggi dapat menyebabkan malformasi janin dan harus dihindari.

Daging mentah

Daging yang mentah mungkin mengandung listeriosis, yang bisa berbahaya bagi perkembangan janin. Salah satu aturan yang harus diingat oleh semua ibu adalah makan yang direbus dan dimasak sampai matang.

Keju lembut

Keju lunak dapat dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi yang berbahaya bagi janin. Jadi ini juga tidak direkomendasikan makanan selama kehamilan.

Makanan pedas

Banyak wanita hamil mendambakan panas, tetapi mereka akan menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan bagi wanita. Bumbu pedas tidak baik untuk perkembangan janin sehingga ibu perlu membatasi hingga maksimum.

Kopi

Kopi, teh, atau minuman bebas kafein terkait dengan penyebab keguguran, sehingga ibu hamil tidak boleh menyalahgunakannya.

Alkohol dan rokok

Overdosis alkohol dan penggunaan rokok dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran mati, keterlambatan perkembangan dan berat lahir rendah. Jadi ini harus dihindari selama kehamilan.