hamil

Cara merawat kesehatan setelah melahirkan

 

Jika dahulu kala, setelah melahirkan wanita sering menjaga pandangan diet yang sangat ketat seperti menghindari beberapa makanan, hal yang tidak boleh dilakukan dan diet makanan cepat. Tapi pengetahuan hari ini telah mengkonfirmasi konsep ini sama sekali tidak Ada dasar ilmiah.

Cara merawat kesehatan setelah melahirkan

Hari ini, pengetahuan diet setelah melahirkan jauh lebih maju. Perawatan yang tepat akan membantu ibu cepat pulih dan memiliki lebih banyak susu untuk bayi.

Tentang mandi

Setelah lahir sekitar 2-3 hari, ibu mampu mencuci dan memandikan tubuh. Gunakan sampo atau air mendidih untuk merebus air agar hangat. Sebaiknya cuci dengan cepat 5-7 menit, jangan merendam rambut terlalu lama. Anda bisa keringkan pengering rambut.

Untuk mandi, ibu setelah melahirkan harus menggunakan air mandi hangat menggunakan shower atau mandi air panas. Jangan menggunakan kamar mandi terlalu lama dan berendam di kamar mandi. Sebaiknya dimandikan dengan cepat, sehabis mandi tubuh harus kering lengkap dan kenakan pakaian hangat. Mandi setelah melahirkan membantu kulit tubuh dibersihkan, pori-pori yang dikeringkan, menghilangkan kotoran sehingga membuat respirasi kulit lebih baik dan menghindari infeksi dermatitis atau kulit.

Tentang diet

Setelah lahir dan selama menyusui, tubuh ibu membutuhkan jumlah kalo yang tinggi, sehingga diet harus meningkatkan kuantitas dan kualitas. Dua bahan utama yang perlu diperhatikan adalah protein dan kalsium. Kebutuhan protein harian adalah 80-100g dan menyeimbangkan protein yang berasal dari hewan (daging, ikan, telur dan susu) dan sumber nabati (tahu, kacang dan biji-bijian). Jumlah kalsium yang dibutuhkan per hari adalah 1.000 mg, menggandakan kebutuhan normal. Kalsium berlimpah dalam susu, telur, udang, udang dan makanan laut.

Ibu harus makan dengan baik dan harus makan makanan yang dimasak dan panas. Jangan gunakan makanan dingin atau makanan beku karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Makan tiga kali (pagi – siang – sore) bergantian tiga kali makan adalah susu, kue, buah manis dan teh. Menyusui membutuhkan zat besi dan asam folat. Makan lebih banyak sayuran hijau untuk menghindari sembelit dan minum 2-3 liter air sehari.

Satu-satunya minuman yang harus dipatuhi para ibu adalah stimulan seperti kopi, rokok, alkohol, bir. Selain itu, wanita harus membatasi makanan tinggi lemak, asam, dan pedas.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik pascanatal sangat penting untuk memberikan retensi uterus yang baik, menghindari transfer embrio, dan menghindari embolisme. Hari pertama dapat duduk dari tempat tidur setelah 8 jam dan hari berikutnya dapat berjalan di kamar, dapat berjemur di luar ruangan dari hari ke 2 dan seterusnya, pagi hari jam 7-8 pagi. Setelah satu minggu, ibu dapat melakukan latihan seluruh tubuh dengan gerakan lembut. Dengan ibu yang melahirkan caesar, sebaiknya ibu bisa mulai aktif sekitar 24 jam setelah penarikan kateter.

Tentang tidur

Selain makananan, tidur yang cukup setelah melahirkan juga sangat penting, selain menyusui siang dan malam, selang waktu antara menyusui, ibu harus tidur.

Selain itu, ibu juga harus mencari bantuan kerabat untuk membantu perawatan bayi. Perlu dipastikan, rata-rata tidur siang hari adalah 8 – 9 jam. Selama tidur, tubuh cepat mendapatkan kembali kesehatan, energi dan laktasi. Pada saat yang sama menghindari depresi pascamelahirkan ibu, serta menghindari fenomena kekurangan susu dan kemacetan susu.