Bayi

Cara Mengatasi Refluks

Umumnya refluks akan terjadi ketika bagian lingkaran otot antara bagian kerongkongan dan lambung tidak sedang berfungsi dengan baik, segingga kondisi ini bia memicu asam lambung serta makanan yang berasal dari lambung akan kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan bayi muntah.

Cara mengatasi refluks

Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi refluks, diantaranya adalah:

Beri si kecil susudengan posisi yang lebih tegak

Memberi makan dengan bayi Anda duduk lebih tegak dapat membantu menjaga susu dalam perutnya. Anda dapat mencoba memberi makan bayi Anda dalam posisi ini apakah Anda menyusui atau memberi susu botol.

Jaga bayi Anda tetap tegak setelah diberi makan

Setelah bayi selesai menyusui, cobalah untuk tidak membaringkannya untuk tidur sebentar atau mengganti popok langsung. Menjaga dia tegak selama 20 menit hingga 30 menit akan memberikan waktu perutnya kosong. Ini bisa berarti bahwa bayi Anda kurang mungkin untuk memerah susu.

Coba berikan umpan yang lebih pendek dan lebih sering

Mendorong bayi Anda untuk memiliki makanan yang lebih pendek berarti perutnya tidak akan terlalu kenyang. Tetapi pastikan Anda memberi makan bayi Anda sering, kalau tidak ia akan lapar!

Pastikan bayi bersendawa

Jika bayi Anda diberi susu botol, ia kemungkinan akan menelan udara saat ia menyusui. Ini bisa menyebabkan dia memunculkan susu. Untuk mencegah hal ini, cobalah untuk bersendawa bayi Anda setiap dua menit atau tiga menit selama makan. Anda juga bisa mencoba menggunakan botol spesialis yang meminimalkan jumlah udara yang menelan bayi Anda. Carilah ventilasi internal atau liner yang bisa dilipat.

Berpakaianlah bayi Anda secara praktis

Seorang bayi yang membawa susu akan menjadi sangat cepat berantakan! Coba rias tubuhnya dengan rompi dan pakaian tidur. Ini mudah dibersihkan dan cepat berubah ketika kotor. Pastikan Anda memiliki banyak sehingga Anda selalu memiliki persediaan yang stabil.

Kenakan pakaian putih atau pucat

Jika susu secara teratur berakhir di pakaian Anda, beralihlah untuk mengenakan atasan katun berwarna putih atau pucat. Pakaian pucat tidak akan menunjukkan noda susu sebanyak yang berwarna.

Gunakan penutup yang bisa dicuci

Letakkan sampul yang bisa dicuci di kursi Anda dan di kursi mobil bayi Anda. Ini berarti Anda dapat dengan mudah membersihkan semua kecelakaan. Yang terbaik adalah memiliki sampul tambahan sehingga Anda memiliki satu cadangan sementara yang lain sedang dicuci.