hamil

Cara Cepat Hamil Setelah KB

Untuk pasangan yang sudah menikah dan ingin menunda kehamilan karena alasan tertentupasti akan menggunakan alat kontrasepsi sebagai cara untuk menunda atau mencegah kehamilan. Selain itu pemakaian alat kontrasepsi tersebut juga sebagai program keluarga berencana (KB) yang menjadi program pemerintah.  

Dalam penggunaan alat kontrasepsi ini menurit beberapa sumber mengatakan bahwa anda akan kesulitan hamil setelah lepas pemakaiannya. Padahal tentang cepat atau lambatnya anda mengalami kehamilan setelah menggunakan alat kontrasepsi adalah tergantung dari alat yang dipakai sebagai pencegahan kehamilan.

Menurut sebuah penelitian dari Khanifatul Izzadari Politeknik Kesehatan majapahit menyatakan bahwa 48,3% wanita akan bisa hamil dalam jangka 5 bulan setelah lepas dari pemakaian KB suntik selama 180 hari.

Dan jika alat kontrasepsi yang dipakai adalah berupa pil Kb maka anda kemungkinan bisa hamil setelah lepas meminum pil KB dalam jangka 3-12 bulan. Sedangkan jika menggunakan metode implan wanita bisa hamil setelah melepas implant dalam jangka waktu 6 bulan.

Tips cepat hamil

Mengenai beberapa pendapat yang mengatakan bahwa setelah memakai alat kongtrasepsi anda akan sulit untuk hamil. Tidak ada salahnya anda menggunakan beberapa tips dibawah ini agar anda segera hamil setelah lepas dari pemakaian alat kontrasepsi:

Hindari stres

Stres merupakan salah satu kondisi yang bisa menyebabkan anda sulit hamil. Pasalnya, bahwa stre akan memicu hipotalamus yang akan memicu hormone kortisol. Dan jika produksi hormone ini berlebihan, maka akan menurunkan kinerja sistem reproduksi.

Ketika kinerja sistem reproduksi ini melambat, maka kesuburan pada wanita akan mengalami penurunan sementara.

Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari stres, misalnya anda bisa berlibur dengan pasangan atau rutin melakukan yoga meditasi.

Hindari mengonsumsi rokok, kafein dan alkohol

Jika anda sudah berenti menggunakan alat kontrasepsi namun anda tidak kunjung hamil. Mungkin bisa jadi anda sering mengonsumsi rokok, kafein atau alkohol. Seperti yang kita tahu bahwa nikotin yang terdapat pada rokok merupakan racun yang bersifat aditif yang dapat menyebabkan ketagihan.

Akibatnya anda menjadi kecanduan , sering cemas bahkan depresi ketika anda berhenti merokok. Dan ketika hal ini terjadi, tubuh anda akan mengalami ketidak seimbangan hormone reproduksi didalam tubuh.

Selain rokok, alkohol juga sangat berbahaya dan bisa menurunkan kesuburan. Dan akan membahayakan juga untuk janin yang nanti akan anda kandung. Oleh karena itu sebaiknya hentikan mengonsumsi rokok, kafein dan alkohol.

Mengonsumsi vitamin E

Alat kontrasepsi berguna untuk menghambat reproduksi hormone estrogen yang akan mengakibatkan pematangan sel terhenti. Dan secara bertahap, leher Rahim akan semakin menipis.

Karena terjadinya penipisan tersebut maka sperma akan sulit menembus dinding ovarium. Yang akan menyebabkan tidak terjadinya pembuahan.

Untuk mengembalikan kesuburan sebaiknya anda memperbanyak mengonsumsi vitamin E untuk meningkatkan kesubburan dan menebalkan kembali dinding Rahim.

Perbanyak mengonsumsi buah-buahan

Cara lain untuk segera mendapat kehamilan setelah lepas menggunakan alat kontrasepsi, anda sebaiknya mengonsumsi beragam jenis buah-buahan. Karena dalam buah-buahan mengandung beragam vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Beberapa buah-buahan yang disarankan karena dikenal bisa meningkatkan kesuburan diantaranya adalah wortel, alpukat dan tomat.

Mengetahui siklus ovulasi wanita

Untuk mengetahui masa ovulasi wanita, biasanya terjadi 12-14 hari sebelum terjadinya haid. Meskipun begitu, setiap perempuan memiliki siklus haid dan siklus ovulasi yang berbeda. Oleh karena kitu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kepastiannya.