hamil

Buah yang baik dan tidak boleh dimakan ibu hamil saat cuaca panas

 

Buah adalah salah satu makanan yang sangat diperlukan dalam menu gizi ibu hamil. Jadi memilih buah-buahan yang sehat selalu menjadi perhatian besar bagi para ibu hamil.

Selama kehamilan, pola makan ibu akan sangat mempengaruhi perkembangan janin. Jadi memilih makanan yang baik untuk ibu dan bayi selalu menjadi hal yang harus diketahui. Untuk melahirkan bayi yang sehat, ibu harus melengkapi dan membatasi buah berikut ini.

Buah yang baik dan harus dimakan selama kehamilan

Menurut saran dokter kandungan, pada musim panas ibu hamil akan mudah lelah sehingga perlu diversifikasi makanan pada menu hariannya. Makan lebih banyak sayuran, multivitamin, suplemen makanan kaya zat besi, asam folat seperti yang terdapat pada hati, ikan, daging sapi, telur, kacang merah, sayuran hijau, labu adalah pilihan yang baik untuk ibu hamil.

Terutama disarankan untuk meningkatkan jenis buah-buahan dingin seperti:

  • Buah jerukadalah salah satu buah bergizi terbaik untuk ibu hamil. Jeruk mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium untuk ibu hamil. Asam folat dari jeruk sangat baik untuk ibu hamil dan ibu yang mencoba untuk hamil. Ibu menyusui makan jeruk akan memiliki ASI dengan kualitas yang baik. Melalui ASI, bayi dapat menyerap kalsium, mendorong tumbuhnya tulang dan gigi. Studi menunjukkan bahwa minum jus jeruk membantu mencegah osteoporosis. Asam folat membantu mencegah jenis cacat lahir tertentu, membantu menghasilkan sel yang sehat. Selain itu, jus jeruk membantu meningkatkan daya tahan dan batuk dan flu ibu selama kehamilan.
  • Jeruk bali: Jeruk bali memiliki rasa asam, manis, dingin, tidak beracun, selain efek pendinginan dan mengurangi dahak , buah ini menambah nafsu makan ibu hamil. Jeruk bali mengandung banyak vitamin C, sejuk sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Selama kehamilan, Anda sering menderita konstipasi dan wasir jangka panjang. Karena itu, ibu harus menambahkan lebih banyak jeruk bali dalam menu diet setiap hari.
  • Apel : buah ini dianjurkan untuk wanita hamil. Jumlah serat larut dalam apel membantu mengatur tingkat kolesterol bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi. Apel juga membantu mencegah sembelit untuk ibu hamil.
  • Wortel : mengandung beta-karoten, vitamin B9, karoten dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, protein, lemak, serat kasar, zat besi, kalsium, fosfor, bekerja untuk membantu mengatur usus, pencahar dan pengeboran distensi abdomen Ketika merawat sembelit, makan wortel sekali sehari, makan terus menerus selama 3-5 hari atau gunakan jus wortel untuk mengobati sembelit secara efektif.
  • Minum jus lemon: ¬†adalah sumber alami dari vitamin C. Wanita hamil harus mencoba minum secara teratur untuk melengkapi vitamin C untuk tubuh. Lemon juga merupakan sumber makanan yang berlimpah vitamin dan mineral seperti vitamin A, thiamin, niacin, kalsium, folat, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, asam pantotenat, vitamin B6, riboflavin dan tidak mengandung lemak. Zat-zat ini memperkuat pembuluh darah, mencegah pendarahan internal, dan memainkan peran utama dalam menjaga tekanan darah yang stabil selama kehamilan.

Buah yang harus dihindari ibu hamil saat cuaca panas

Selain buah-buahan yang dingin, Anda harus membatasi makanan berikut:

  • Kelengkeng: Buah-buahan manis mengandung banyak mineral tetapi ibu hamil tidak boleh makan banyak. Menurut Pengobatan Oriental, kelengkeng dapan menambah suhu tubuh ketika hamil, suhu tubuh wanita meningkat dengan mudah menyebabkan gas darah tak terkendali. Makan banyak kelengkeng akan panas, akan muncul rasa sakit perut, pendarahan yang mengancam keguguran.
  • Nanas: Ada banyak pendapat bahwa nanas jika dikonsumsi ibu hamil akan menyebabkan keguguran. Namun, menurut spesialis kebidanan, semua informasi tidak berdasar dan tanpa dasar ilmiah. Nanas mengandung banyak enzim bromelain, mengandung vitamin A, C. Namun, ibu harus membatasi makanan ini untuk menghindari diabetes.

Catatan yang harus diperhatikan ibu hamil

Ketika ibu hamil, ketika ibu makan buah harus mengontrol kuantitas. Berbagai buah-buahan baik untuk tubuh ibu tetapi tidak boleh makan terlalu banyak untuk menyebabkan obesitas, kelebihan berat badan dan diabetes.

Menurut dokter kandungan, banyak wanita hamil mengalami anorexia pada hari-hari musim panas, selain penambahan buah-buahan dingin ke menu harus perhatikan hal-hal berikut:

  • Anda harus menambahkan berbagai makanan untuk diet Anda untuk ibu dan bayi. Tingkatkan kacang, sayuran hijau dan daging sapi, telur dalam makanan.
  • Untuk ibu yang mengalami anoreksia harus dibagi menjadi beberapa makanan kecil sehari untuk merangsang nafsu makan.
  • Batasi makanan yang digoreng dan berminyak, sebaiknya makan makanan yang dikukus atau direbus.