hamil

Amankah Munculnya Darah Di Sekitar Popok?

Sedikit darah dalam popok bayi Anda biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Yang mengatakan, Anda masih harus menyebutkannya kepada ahli kesehatan atau GP Anda.

Jika Anda baru saja memiliki bayi perempuan, itu normal baginya untuk memiliki sedikit keputihan atau berdarah di popoknya. Ketika Anda hamil, estrogen dari tubuh Anda mungkin telah merangsang rahimnya (rahim). Sekarang dia tidak memiliki hormon Anda sendiri, jatuhnya kadar estrogennya mungkin telah memicu periode mini. Ini mungkin terdengar mengkhawatirkan, tetapi tidak perlu khawatir. Pendarahan akan berhenti begitu hormonnya menyesuaikan ke tingkat normal.

Sembelit juga bisa menyebabkan kotoran bayi Anda berbintik darah. Sembelit dapat mempengaruhi bayi apa pun tetapi lebih umum di antara mereka yang diberi susu formula, atau sudah mulai makanan padat.

Jika bayi Anda mengalami konstipasi, ia mungkin akan tegang ketika ia menangis. Tegang ini dapat menyebabkan perpecahan kecil di kulit di sekitar anusnya (fisura anus), yang dapat mengeluarkan darah saat ia melakukan kotoran. Tidak mengherankan, fisura anal bisa sangat tidak nyaman bagi bayi Anda. Jika dia tampak kesakitan, mandi air hangat sekali sehari atau dua kali sehari dapat membuatnya merasa lebih baik. Anda juga bisa menggunakan krim antiseptik popok untuk menenangkan area tersebut. Setelah dia tidak lagi sembelit, celah tersebut harus sembuh dalam beberapa minggu.

Anda mungkin melihat darah di toilet bayi Anda jika dia mengalami diare. Jika bayi Anda memiliki ruam popok yang parah, kulitnya yang rusak dan rapuh dapat meninggalkan jejak darah dalam popoknya. Pelaku lain yang mungkin adalah alergi protein susu sapi. Protein dalam susu sapi dapat mengiritasi sistem pencernaan bayi Anda dan menyebabkan kotorannya menjadi bernoda darah.

Dalam beberapa kasus, darah dalam popok bayi Anda mungkin merupakan pertanda infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Itulah mengapa penting untuk berbicara dengan pengunjung kesehatan atau GP Anda. Sangat mengkhawatirkan untuk berpikir bahwa bayi Anda tidak sehat, tetapi kemungkinan besar mereka akan mengesampingkan sesuatu yang serius dan menawarkan Anda beberapa saran.